Olahraga

Aries Susanti Rahayu, Atlit Panjat Tebing Cantik Asal Grobogan Raih Medali Emas Asian Games

Jatengpot.com- Kontingen Indonesia berhasil mendambah pundi-pundi emas di perhelatan Asian Games 2018 setelah atlet panjat tebing andalan Indonesia, Aries Susanti Rahayu, mampu meraih medali emas dalam nomor speed perorangan.

Dalam laga final panjat tebing Asian Games, atlit cantik yang berasal dari Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Grobogan itu harus berhadapan dengan rekannya dari Indonesia Puji Lestari. Pertarungan keduanya berlangsung cukup sengit. Bahkan kemenangan Aries hanya terpaut kurang dari satu detik dari Puji.

Pertandingan panjat tebing nomor speed perorangan tadi sempat ditayangkan langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional. Saat laga puncak, ribuan warga Grobogan ikut memberikan dukungan dari depan layar televisi.

“Sebelumnya, saya optimis Aries bisa dapat emas. Namun, mulai babak perempat final, saya sudah deg-degan ketika lihat siaran tv. Alhamdulillah, Aries akhirnya mampu meraih emas untuk kontingen Indonesia. Saya ikut bangga dengan prestasinya,” kata Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Grobogan Riyanto yang dihubungi lewat sambungan telepon, usai laga final yang berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB itu.

Ia menyatakan, rasa optimis itu didasarkan dengan prestasi yang diraih Aries sebelum tampil di Asian Games. Yakni, keberhasilan Aries meraih medali emas dalam International Federation Sport Climbing (IFSC) World Cup di Chongqing, Tiongkok pada bulan Mei lalu. Kemudian, pada akhir tahun 2017 lalu, Aries berhasil meraih medali perak dalam ajang Climbing World Cup 2017 yang digelar di Xiamen, Tiongkok.

Riyanto menambahkan, setelah emas di nomor perorangan, masih ada kans bagi Aries untuk menambah medali lagi. Yakni, pada nomor beregu yang akan dipertandingkan akhir pekan nanti.

“Aries juga akan memperkuat nomor beregu putri. Kita doakan nanti juga bisa dapat medali emas lagi untuk Indonesia,” imbuhnya.

Aries merupakan atlet dari  Jawa Tengah ketiga yang menyumbangkan emas untuk Indonesia di Asian Games. Sebelumnya atlet balap sepeda gunung di nomor downhill asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Khoiful Mukhib, dan Tiara Andini Prastika, asal Semarang, juga mendapatkan emas di perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut.