Lowongan Kerja

SSCASN BKN-Bocoran Materi Soal PPPK 2019 Tahap I, Tanpa Seleksi Kompetensi Dasar

CPNS 2019

Jatengpost.com – Kabar gembira buat kamu yang berencana menjadi pegawai pemerintah. Pasalnya, pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2019 tahap I dibuka sejak Selasa (12/2/2019) hingga Minggu (17/2/2019).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengatakan, seleksi PPPK pada tahap ini dibuka untuk tenaga honorer (TH) Eks K-II yang telah mengikuti tes pada tahun 2013 pada jabatan guru, dosen, dan tenaga kesehatan yang terdapat dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Khusus untuk Penyuluh Pertanian, database-nya ada pada BKN dan Kementerian Pertanian.

Pendaftaran dapat dilakukan di portal ssp3k.bkn.go.id. Namun, sebelum mendaftar cek validitas nama Anda, apakah termasuk egilible untuk mendaftar di helpdesk sscasn.bkn.go.id.

Untuk jabatan guru, diperlukan kualifikasi berpendidikan paling rendah S-1 (strata satu) atau D-4 (diploma empat) dan masih aktif mengajar.

Sementara bagi jabatan dosen, dipersyaratkan memiliki kulifikasi pendidikan paling rendah S-2 (strata dua) dan masih aktif bertugas di instansi pemerintah.

Pada jabatan tenaga kesehatan, dibutuhkan pendidikan minimal D-3 (diploma tiga) dan masih aktif bertugas di unit pelayanan kesehatan instansi pemerintah.

Sedangkan untuk jabatan penyuluh pertanian diperlukan kualifikasi pendidikan paling rendah SMK jurusan pertanian atau sederajat dan masih aktif bertugas.

Untuk tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, dibutuhkan bagi mereka yang memiliki pendidikan paling rendah sesuai dengan kualifikasi pendidikan jabatan fungsional yang akan diduduki.

Dengan adanya kesempatan tersebut, TH Eks K-II, dosen PTN baru, dan tenaga penyuluh pertanian yang memenuhi syarat diimbau untuk segera mendaftar.

Cara Mendaftar:

Untuk mendaftar seleksi PPPK, silahkan masuk ke portal https://ssp3k.bkn.go.id.

– Untuk THK-II THL-TB Pertanian (Tidak Mengalami Pemekaran )

  1. Peserta Isi Form di Helpdesk
  2. Menginput NIK dan No KK
  3. Nomer Peserta THK-II/Identitas THL-TB
  4. Nama
  5. Tanggal Lahir
  6. Nama Instansi

Setelah Input data diatas baru dapat Nomer Tiket, setelah Itu cetak Kartu Tanda Peserta THK-II/THL-TB.
Setelah Itu Peserta datang Ke BKD membawa

– Cetakan Kartu Tanda Peserta

– Pas Foto 3×4 2 lembar latar belakang Merah

– Berkas pendukung lain nya yang dipersyaratkan

Setelah Itu baru diverifikasi datanya oleh BKD dan mendapat salinan Kartu peserta yang sudah ditandatangani pejabat yang berwenang.

setelah itu baru Anda dapat mendaftar

– Untuk THK-II (Mengalami Pemekaran )

  1. Peserta Isi Form di Helpdesk
  2. Menginput NIK dan No KK
  3. Nomer Peserta THK-II
  4. Nama
  5. Tanggal Lahir
  6. Instansi lama
  7. Instansi Baru

Setelah Input data diatas baru dapat Nomer Tiket, setelah Itu cetak Kartu Tanda Peserta THK-II.
Setelah Itu Peserta datang Ke BKD membawa

– Cetakan Kartu Tanda Peserta

– Pas Foto 3×4 2 lembar latar belakang Merah

– Berkas pendukung lain nya yang dipersyaratkan

Setelah Itu baru diverifikasi Instansi Kerjanya oleh BKD dan mendapat salinan Kartu peserta yang sudah ditandatangani pejabat yang berwenang. setelah itu baru Anda dapat mendaftar.

Setelah anda melakukan pendaftaran akun SSCASN 2019, maka anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK.

Bocoran Materi Seleksi

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir menjelaskan, seleksi dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Klik disini untuk unduh contoh soal PPPK.

Berbeda dengan CPNS 2019, pelamar PPPK atau P3K 2019 tak perlu lagi mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar, yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Dimana, setiap bidang memiliki minimum skor nilai yang harus dicapai peserta ujian.

Pada seleksi CPNS 2018 lalu, banyak peserta yang gugur karena tak mampu mencapai passing grade Tes Karakteristik Pribadi.

Hal ini membuat pemerintah mengambil kebijakan melakukan pemeringkatan nilai agar formasi tetap terisi.

Jika sesuai jadwal dari BKN, seleksi akan digelar pada 23-24 Februari 2019.

“Seleksi kompetensi yang dilakukan untuk PPPK akan meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural,”kata Mudzakir.

Selain itu, pada seleksi PPPK ini juga akan dilakukan wawancara berbasis komputer untuk menilai integritas dan moralitas.

Beberapa waktu lalu, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan juga mengungkapkan tes wawancara tersebut dilakukan dengan pejabat pembinaan kepegawaian BKD atau BKPSDM di daerah masing-masing.

Seperti pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen PPPK tahap I juga akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kemungkinan digelar di 530 titik, tergantung jumlah kabupaten/kota yang ikut. Karena kemungkinan ada yang tidak mengikuti karena keterbatasan anggaran,”kata Ridwan.(*)