Dapat Ganti Rugi Pembangunan Tol Rp6 Miliar, Petani Klaten Galau: Nanti Kita Kerja Apa?

  • Whatsapp
Ganti Rugi Pembangunan Tol Rp6 Miliar Petani Klaten

Jatengpost.comProyek pembangunan Tol YogyaSolo terus digenjot pemerintah. Saat ini, beberapa petani sudah mendapatkan uang ganti rugi dari pembangunan jalan tol yang menghubungkan Jawa bagian selatan ini.

Salah satu yang mendapatkan ganti rugi ialah Paiman (67), warga Dusun Sidorejo, Desa Beku, Kecamatan Karanganmo, Klaten. Paiman mendapatkan uang ganti rugi senilai Rp6 miliar.

Bacaan Lainnya

Namun bukannya senang, Paiman mengaku bingung setelah mendapatkan uang ganti rugi. Pasalnya, meski kini dirinya menjadi seorang miliarder, namun pekerjaan yang selama ini ia geluti telah tiada.

“Saya bingung nanti mau kerja apa setelah ada tol. Dulu di depan rumah ada sungai, dekat sungai sawah saya tanami, ada kandang, cari pakan tinggal ambil di sawah, semua dekat tapi besok semua hilang, jadi pusing saya,” kata Paiman dilansir dari detik.com, Minggu (19/9).

Menurut Paiman ia menerima ganti rugi sebesar Rp6 miliar untuk pembebasan lahan pekarangan, sawah, dan rumah pribadinya.

“Saya bukan cuma Rp 4 miliar tapi nerima Rp 6 miliar. Sawah dua patok dapat Rp 4 miliar, terus rumah dan pekarangan kurang lebih Rp 2 miliar,” ungkap Paiman.

Paiman menambahkan, dari uang Rp6 miliar tersebut, ia harus membagikan dengan 12 kerabatnya yang juga memiliki hak tanah tersebut.

“Saya itu cuma jadi atas nama menerima uang, nanti dibagi 12 orang. Saya dan saudara ada delapan orang dan empat saudara istri,” terang Paiman.

Meskipun merasa uang yang diterima dari pembebasan lahan proyek Tol Yogya-Solo sudah cukup, namun Paiman mengaku saat ini tengah menghadapi kebingungan.

Paiman mengaku bingung karena kehilangan kesibukannya bertani. Sebab, dia tidak punya anggaran untuk membeli sawah lagi.

“Sawah di sini (Desa Beku) sudah mahal bisa di atas Rp 1 miliar sepatok. Kalau uang masih sisa cukup pengin beli sawah, kalau tidak cukup ya sudah, bagaimana lagi, ” imbuh bapak tiga anak ini.

Pos terkait