Lain-laintrend

Deretan Bisnis Modal di Bawah 1 Juta yang Cocok Untuk Generasi Millenial

bisnis modal di bawah 1 juta

Deretan Bisnis Modal di Bawah 1 Juta yang Cocok Untuk Generasi Millenial

Jatengpost.com – Generasi millenial merupakan generasi paling dominan saat ini. Bahkan, menurut sebuah data, pada tahun 2020 nanti, generasi ini akan menjadi generasi terbanyak yang menguasai berbagai bidang.

Salah satu karakteristik dari generasi millenial ialah enggan bekerja dengan nuansa yang formal. Mereka lebih menyukai suasana kerja yang bebas, tanpa banyak peraturan, dan bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri.

Atas dasar itu, kini banyak generasi ini yang lebih memilih menjadi wirausahawan dibandingkan dengan bekerja di kantoran yang memiliki peraturan ketat. Namun sayangnya, millenial kerap kali dihadapkan dengan berbagai persoalan saat akan memulai bisnis.

Ada beberapa persoalan yang sering dihadapi kaum millenial saat mereka hendak membuka usaha. Mulai dari persoalan pengalaman, jaringan, dan yang paling utama ialah persoalan pemodalan.

Untuk kamu yang ingin membuka bisnis sendiri, berikut ini beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan modal di bawah satu juta rupiah saja.

Menjadi reseller di marketplace

Bisnis pertama dengan modal minim yang bisa dijalankan oleh para millenial ialah dengan menjadi reseller di marketplace. Bisnis ini memang sedang populer di kalangan anak muda. Pasalnya, selain modalnya yang sedikit, menjadi seorang reseller juga memiliki resiko lebih kecil.

bisnis modal di bawah 1 juta

Sistem kerja menjadi reseller cukup mudah. Kamu tinggal mencari barang di marketplace seperti amazon.com, alibaba.com, atau aliexpres. Cari produk yang sedang populer, kemudian kamu tawarkan kepada teman-temanmu, atau orang lain baik melalui online ataupun offline. Jika kamu faham dengan bisnis ini, kamu bisa raup omzet sampai ratusan juta perbulan loh.

Menjadi penulis lepas

Bisnis lainnya yang tidak kalah menggiurkan dengan modal minim ialah menjadi seorang penulis lepas. Kian berkembangnya teknologi membuat pekerjaan ini semakin populer di kalangan millenial. Pasalnya, banyak perusahaan besar yang membutuhkan seorang penulis (Copywriting) untuk menjual jasa atau produknya di dunia maya.

bisnis modal di bawah 1 juta

Untuk bisnis yang satu ini, modal utamanya bisa dikatakan sangat kecil. Namun, kamu harus memiliki skill sendiri untuk membuat tulisan yang “laku” di pasaran, sesuai pesanan konsumen.

Bisnis pulsa seluler

Tidak dipungkiri, kebutuhan akan pulsa dan paket data saat ini sudah menjadi kebutuhan primer manusia modern. Keberadaan pulsa dan paket internet hampir sama dengan beras dan bahan makanan, yang semua orang kini membutuhkannya.

bisnis modal di bawah 1 juta

Jika kamu cermat, ini merupakan peluang emas untuk meraup untung. Untuk modal awal, kamu bisa deposit pula elektrik sebesar Rp 500 ribu, dan tawarkan kepada orang-orang terdekatmu. Jika sudah mulai berjalan dengan lancar, perbesarlah depositmu dan merambahlah ke pembayaran PLN, Telkom, atau PDAM.

Jastip, bisnis jasa titip yang kini banyak dilirik

Jastip atau bisnis jasa titip (personal shopper) merupakan bisnis model baru yang kini mulai menjamur di kota-kota besar. Sistem dari bisnis ini ialah kamu menjadi penyedia penitipan belanjaan seseorang yang tidak ada waktu untuk membelinya langsung.

bisnis modal di bawah 1 juta

Biasanya, sistem bisnis ini menggunakan sistem pre order dengan DP 50 persen atau bisa juga sistem bayar di awal. Biasanya jasa titip punya tarif Rp 15-25 ribu per orang. Semisal, suatu Mall di kotamu membuka diskon pada produk tertentu, lalu teman-temanmu ingin membelinya namun mereka tidak bisa datang langsung karena kesibukannya. Disinilah jasa kamu dibutuhkan. Simple dan menguntungkan bukan?

Jual cemilan kekinian lewat media sosial

Buat kamu yang hobi ngemil dan suka bereksperimen membuat inovasi jajanan unik nan lezat, kamu bisa menjalani bisnis ini. Jual jajanan kekinian memang sudah banyak digeluti oleh kalangan muda. Namun hal tersebut tidak lantas menjadi alasan kamu untuk tidak ikut berbisnis di dalamnya. Ibarat kata orang, jangan hanya menjadi konsumen.

bisnis modal di bawah 1 juta

Untuk memulai bisnis ini kamu bisa jalan-jalan di pusat jajanan, kemudian amati cemilan mana yang paling laku. Jika sudah menemukan, cobalah untuk melakukan inovasi terhadap produk itu agar terlihat lebih unik dan kekinian. Agar promosimu lebih luas dan hemat biaya, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkannya.

Itulah deretan bisnis dengan modal di bawah 1 juta yang bisa kamu jalankan di usia muda. Punya ide bisnis lainnya? Tuliskan idemu di kolom komentar yah~