Politik & Hukum

Diprediksi Tak Punya Wakil di DPR, PAN Jateng: Ini Pembelajaran

PAN Jateng

Jatengpost.com – Evaluasi menyeluruh akan dilakukan oleh PAN Jawa Tengah jika benar pada Pemilihan Legislatif ini PAN tidak mendapatkan kursi DPR RI dari Jateng. Meski demikian DPW PAN Jateng tidak terkejut dengan hasil tersebut.

Wakil Ketua DPW PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma, mengatakan dari prediksi yang ada memang PAN tidak mendapatkan kursi sama sekali di Pileg 2019. Padahal sebelumnya PAN berhasil mengirim 8 orang dari Jateng ke Senayan.

“Ya kita tidak shock, kami akan evaluasi dan temukan permasalahannya. Ini berarti dari 8 kursi jadi 0, ini pembelajaran. Tidak ada waktu untuk meratapi,” kata Agung kepada detikcom, Minggu (12/5/2019).

Identifikasi saat ini penyebab kekalahan PAN menurut Agung ada beberapa faktor. Salah satunya money politik yang masif dan terang-terangan.

“Ya Pemilu serentak ini juga mempengaruhi perolehan suara, kemudian money politic sudah seperti pasar bebas, sudah tsunami ini, bukan terselubung,” tandasnya.

PAN dalam prediksi yang berdasakan DB-1 memang tidak mendapatkan kursi DPR RI dari Jateng. Itu berarti ada kemungkinan anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, juga tidak mendapat kursi dari dapil Jateng VI.

Namun yang menarik, Taufik Kurniawan yang saat ini mendekam di balik penjara karena berstatus terdakwa kasus dugaan suap masih mendapatan suara cukup tinggi di Dapil Jateng VII yaitu 19.263 suara.