Disebut Kurang Akur, Begini Perbandingan Elektabilitas Ganjar dan Puan dari Berbagai Survei

  • Whatsapp
Perbandingan Elektabilitas Ganjar dan Puan dari Berbagai Survei

Jatengpost.comTidak diundangnya Ganjar Pranowo dalam acara Puan Maharani di Semarang, Sabtu (22/5) lalu membuat beberapa pihak menyebut adanya ketidakharmonisan antara Ganjar dan PDIP.

Ketidakharmonisan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani pun disebut sebagai dampak dari ambisi keduanya untuk maju di Pilpres 2024. Sebagai putri dari Ketua Umum partai, Puan Maharani memang banyak disebut-sebut akan maju di Pilpres 2024 dari PDIP.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang merupakan salah satu kader PDIP, juga disebut-sebut memiliki kans lebar untuk maju di Pilpres. Pasalnya, dalam berbagai survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga, Ganjar selalu masuk dalam 3 tokoh paling banyak dipilih jika Pilpres digelar hari ini.

Direkur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin menilai bahwa tidak diundangnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara penguatan soliditas kader di Kantor DPD PDI Perjuangan, Jawa Tengah, Sabtu (22/5/2021), bukan tanpa alasan.

Ujang yakin manuver itu ditempuh lantaran muncul persaingan antara Ganjar dengan Ketua DPP PDI-P yang juga putri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, dalam hal pencalonan Pilpres.

“Ini soal persaingan Ganjar dengan Puan,” kata Ujan Senin (24/5/2021).

Ganjar dan Puan pun diketahui kerap masuk dalam survei calon presiden potensial di Pilpres 2024 yang dirilis oleh sejumlah lembaga survei.

Berikut perbandingan elektabilitas Ganjar dan Puan dari sejumlah lembaga survei:

Survei LSI

Menurut hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada 22 Februari, elektabilitas Ganjar sebesar 10,6 persen. Sementara Puan Maharani hanya 0,8 persen. Baca juga: Langkah PDI-P Tak Undang Ganjar Dinilai untuk Mempermalukan Survei ini dilakukan terhadap 1.200 orarng responden dengan metode wawancara lapangan pada 25 hingga 31 Januari 2021.

Pos terkait