Ekonomi BisnisNews

Presiden Jokowi Tantang Rektor Perguruan Tinggi Untuk Membuka Fakultas Kopi dan Sepak Bola

Dalam acara Konfrensi 2018 Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Konvensi Kampus XIV di Universitas Hasanudin Makassar, Kamis, 15 Febuari. Jokowi  menuturkan penyesalan tidak beraninya Universitas berinovasi membuka Jurusan/Fakultas baru sesui perkembangan zaman yang sangat dinamis.

“Fakultas sepak bola tidak ada. Coba dua tahun lalu sudah ada industri sepak bola. Mungkin kita tak kalah terus,” sindir Joko Widodo dalam pidato.

Selain kesal dengan perkembangan sepak bola, Jokowi juga menyoroti pentingnya kopi untuk memiliki kajian khusus di perguruan tinggi. Mengenal Indonesia sangat kaya rempah-rempah dan produsen kopi terbesar ketiga di dunia.

“Lalu buka jurusan kopi tubruk kah atau apalah,” kata dia. seraya menambahkan jurusan kopi bisa diselipkan di fakultas perkebunan.

Keluh kesah Presiden tersebut ditanggapi langsung oleh Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof Suyatno, dia menuturkan pertemuan rektor se-Indonesia bertujuan untuk memajukan Indonesia, melalui kajian pokok.

“Hasilnya akan kami rekomendasikan ke pemerintah” tuturnya.

Menurutnya yang terpenting dalam pertemuan ini ialah, semangat pembangunan untuk memajukan perekonomian dan penanaman nlai-nilai pancasila.