Ganjar Diprediksi Akan Menjadi Lawan Kuat Prabowo di Pilpres 2024

  • Whatsapp
Ganjar Diprediksi Akan Menjadi Lawan Kuat Prabowo di Pilpres 2024

Jatengpost.comDua tokoh politik yang disebut memiliki kans besar di Capres 2024 ialah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Ersento Maraden Sitorus.

Menurut Fernando, peluang Prabowo maju di Pilpres 2024 cukup lebar. Meski demikian, Prabowo akan mendapatkan pesaing yang cukup ketat, Ganjar Pranowo. Namun, dengan catatan Ganjar maju Pilpres atas restu PDIP.

Bacaan Lainnya

lebih lanjut menurut Fernando, sebagai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas cukup tinggi menuju RI 1. Meski demikian, Ganjar masih harus menghadapi persoalan internal PDIP, yang menyiapkan Puan Maharani untuk Pilpres nanti.

“Sosok yang akan menjadi rival terberat Prabowo pada pilpres 2024 yang akan datang adalah Ganjar Pranowo,” kata Fernando, Selasa (12/10).

Sementara itu, dari sisi Prabowo menurut Fernando hingga saat ini basis pendukungnya cenderung stagnan. Hal tersebut berbeda dengan basis pendukung Ganjar yang terus meningkat, terlebih Ganjar saat ini aktif menyapa masyarakat melalui media sosial.

“Kalau secara potensi dukungan politik Prabowo sudah pada tahap paling puncak untuk saat ini yang berdasarkan hasil survei di sekitar 20 persen. Sedangkan Ganjar masih berpotensi untuk dapat meningkatkan potensi dukungannya jauh dari angka survei menurut beberapa lembaga,” ujar Fernando.

Menurut Fernando, jika Prabowo ingin menyusul Ganjar maka salah satu kunci pentingnya ialah Calon Wakil Presiden yang digandeng Prabowo harus memiliki basis massa kuat.

“Kalau Prabowo tetap akan memaksakan ikut kontestasi pilpres 2024 akan sangat tepat menggandeng Khofifah Indar Parawansa atau Budi Gunawan sebagai Cawapresnya,” ucap Fernando.

Sebelumnya, kader Partai Gerindra mendesak Prabowo Subianto untuk kembali maju di Pilpres 2024. Menurut Fernando, hal tersebut wajar mengingat dengan majunya tokoh partai ke kontestasi Pilpres, maka hal tersebut bisa mendongkrak elektabilitas partai itu sendiri.

“Semua partai politik peserta pemilu 2024 pasti menginginkan kadernya bisa menjadi salah satu peserta pilpres 2024 untuk kepentingan meningkatkan perolehan suara partai termasuk Gerindra. Berdasarkan hasil beberapa lembaga Prabowo memiliki peringkat atas sebagai calon presiden pada Pilpres 2024,” pungkas Fernando.

 

Pos terkait