Ganjar Dorong Perombakan Total Birokrasi di Kebumen Pasca Kasus Korupsi Bupati

  • Whatsapp
Kebumen

Jatengpost.com- Gubernur Ganjar Pranowo menyerukan kepada seluruh jajaran pemda Kebumen untuk melakukan reformasi birokrasi secara total. Hal itu merupakan buntut dari Bupati sebelumnya yang terciduk kasus korupsi senilai Rp 12 Miliar.

Semua keresahan itu ia ungkapkan usai melantik Wakil Bupati Yazid Mahfudz menjadi bupati definif hingga periode jabatan berakhir yaitu 2021.

Bacaan Lainnya

“Kebumen harus bangkit, harus melakukan reformasi birokrasi total, harus berubah 180 derajat,” sampai Ganjar di Gedung Gradhika Praja, Semarang, Jumat.

Menurutnya buntut dari vonis 4 tahun kurungan serta pencabutan hak politik selama 3 tahun kepada mantan Bupati Yahya Fuad. Telah mencederai masyarakat serta tata kelola pemerintahan setempat.

Ia mendorong bupati segera melakukan langkah konkret untuk menata kembali birokrasi. Ia menyarankan untuk seluruh aparatur pemerintah dan DPRD melakukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN).

“Perintahkan seluruh aparatur di Kebumen mengisi :HKPN sampai eselon 4, perintahkan satu minggu selesai, (pemerintah) provinsi sudah seperti itu. Ajak juga DPRD, saya yakin bisa terealisasi,” ujarnya.

Bahkan menuntun untuk cepat, menurutnya persoalan ini dapat diselesaikan hanya satu minggu. Sebab jajarannya di provinsi sudah melakukan itu.

Selain reformasi birokrasi, ia juga menekankan soal kemiskinan dan bencana. Menurutnya kedua hal itu dapat ditutup dengan mengoptimalkan peranan badan zakat dan tanggung jawab sosial perusahaan.

“Saya minta kumpulkan perusahaan-perusahaan untuk mengarahkan CSR agar turut mengatasi persoalan ini, juga mengintensifkan Baznas. Saya akan kawal, jangan khawatir, saya di belakang panjenengan, juga Presiden. Kalau ini kompak, makmur masyarakat kita,” katanya.

Sebelumnya diketahui, Yazid Mahfudz semula sebagai wakil bupati, bakal memimpin Kabupaten Kebumen hingga 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33/178 tahun 2019 tentang pengangkatan wakil bupati menjadi bupati dan pemberhentian Wakil Bupati Kebumen.

Pos terkait