Geliat Pariwisata Mulai Bangkit, Turis Asing Segera Diperbolehkan Masuk ke Indonesia

  • Whatsapp
Geliat Pariwisata Mulai Bangkit, Turis Asing Segera Diperbolehkan Masuk ke Indonesia

Jatengpost.comSektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang terpuruk akibat adanya pandemi yang sampai hari ini belum dicabut statusnya. Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus berupaya memulihkannya agar dampak buruknya tidak semakin parah.

Teranyar, pemerintah berencana membuka akses turis asing melalui kebijakan travel corridor arrangement. Kebijakan ini nantinya akan memperbolehkan wisatawan asing masuk Indonesia, namun dengan kesepakatan antar negara.

Bacaan Lainnya

Kebijakan ini pun sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Luar Negeri yang sudah memberi panduan kesepakatan dua negara.

Panduan tersebut seperti level vaksinasi, terinfeksi, dan protokol kesehatan lainnya yang bisa meminimalisir penyebaran virus.

Adapun wilayah yang dipersiapkan untuk kebijakan ini antara lain wilayah Bali (Nusa Dua, Ubud) dan dan Batam (Lagoi, Nongsa).

Sandiaga Uno mengatakan, rencananya aturan ini akan diberlakukan pada bulan Juli mendatang.

“Persiapan wisata internasional pada Juni atau Juli buka secara selektif melalui travel corridor arrangement secara selektif,” ujar Sandiaga kepada wartawan, Jumat (16/04/2021).

“Nantinya adalah dengan mengedepankan vaksinasi daerah wisata seperti Bali dan destinasi pilihan,” sambungnya.

Sandiaga menambahkan, tingginya prosentase vaksinasi dan rendahnya prosentase penularan adalah kunci utama turis asing bisa diperbolehkan masuk Indonesia.

Terutama di Bali, ia berharap vaksinasi rampung hingga 70% lebih sehingga keamanan akan penularan lebih terjaga.

“Paling menarik yang menjadi game changer adalah kalau kita bisa umumkan Bali sudah divaksinasi mencapai 70% ke atas, jadi ada rasa aman bagi wisatawan,” kata dia lagi.

Pos terkait