Gunung Merapi Erupsi, Wilayah Magelang, Temanggung dan Boyolali Hujan Abu

  • Whatsapp
Gunung Merapi Erupsi
Gunung Merapi Erupsi

Jatengpost.comGunung Merapi luncurkan awan panas pada Senin (16/8) pagi. Akibatnya, beberapa wilayah di dekat Gunung Merapi seperti Magelang, Temanggung, dan Boyolali, diguyur hujan abu.

Di Boyolali, setidaknya ada tiga desa yang alami hujan abu cukup lebat. Yakni Desa Tlogolele, Desa Klakah dan Desa Jrakah. Namun untuk Desa Klakah dan Jrakah hanya sebagian. Sedangkan hujan abu di Desa Tlogolele mengguyur seluruh wilayah desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, hujan abu juga terjadi di delapan kecamatan di Kabupaten Magelang. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono.

Menurut Edi, setidaknya ada 8 kecamatan di Magelang yang alami hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi Senin pagi. Beberapa kecamatan yang alami hujan abu di antaranya Kecamatan Dukun, Sawangan, Tegalrejo, Pakis dan Candimulyo. Selain itu, ada di Kecamatan Windusari, Secang dan Kaliangkrik.

“Berdasarkan update laporan sampai pukul 08.00 WIB, hujan abu dengan tebal, sedang dan tipis terjadi di 8 wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang,” kata Edi saat dihubungi, Senin (16/8/2021)

Tidak hanya di Kabupaten Magelang, hujan abu erupsi Merapi juga sampai di Kabupaten Temanggung.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Totok Nursetyanto mengatakan, hujan abu terjadi di empat Kecamatan. Adapun empat Kecamatan itu meliputi Kecamatan Temanggung, Bejen, Tembarak dan Parakan.

“Hujan abu sementara dapat info di Kecamatan Temanggung, Bejen, Tembarak dan Parakan,” kata Totok dalam pesan singkatnya melalui pesan singkat, Senin (16/8/2021).

Pos terkait