Pilkada

Hitung KPU Rampung, Ganjar-Taj Yasin Pemenang Pilkada Jateng

Jatengpost.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan proses entry data form C1 Pilkada Jateng 2018 hampir rampung. Hingga Minggu pagi, 1 Juli 2018, proses entry data di seluruh kabupaten/kota di Jateng sudah mencapai 100 persen.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo dalam sebuah wawancara dengan wartawan. “Secara sistem sudah 99 persen, tinggal 500 TPS dari total TPS 63.973,” kata, Joko Purnomo Minggu, 1 Juli 2018.

Joko menjelaskan, dari 500 TPS yang belum ter-input, rata-rata berada di dua kabupaten, yakni Banyumas dan Magelang. Tingginya traffic ke server KPU sempat menjadi salah satu kendala untuk mengakses hasil entry data

Namun, Joko memastikan proses entry data ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU Pusat tidak mengalami kendala. “Saat ini server sedang dalam perbaikan,” tambahnya.

Sementara itu, dari entry data yang masuk mencapai 99 persen, KPU Jateng memastikan tidak ada perubahan signifikan dari perolehan suara dua calon pasangan di Pilkada Jateng. Ganjar-Taj Yasin masih unggul atas Sudirman-Ida.

“Selisihnya Ganjar-Taj Yasin 58 sekian persen, Sudirman-Ida 41 sekian persen,” imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan hitung cepat atau quick count dua lembaga survei, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Indo Barometer, pasangan Ganjar-Taj Yasin unggul atas pasangan Sudirman Ida.

Menurut hitung cepat LSI, Ganjar-Taj Yasin unggul dengan 58,26 persen, sedangkan versi Indo Barometer pasangan nomor urut 1 itu unggul dengan 56,74 persen.

Sementara Sudirman-Ida berdasarkan LSI memperoleh 41,74 persen, dan versi Indo Barometer mendapat 43,26 persen.