Olahraga

Kunci Keberhasilan Indonesia Panen Emas di Asian Games 2018

Jatengpost.com- Indonesia berhasil mencetak sejarah dalam dunia olahraga dengan berhasil masuk peringkat 4 besar di ajang olahraga terbesar di Asia, dengan memperoleh 31 emas, 24 perak, dan 34 perunggu. Sebelumnya, kontingen Indonesia hanya menargetkan masuk 10 besar dengan hanya menargetkan 10 emas.

Indonesia Panen Emas di Asian Games 2018

Pencapaian yang mengejutkan ini tentu membuat banyak pihak merasa bangga sekaligus bertanya-tanya. Apa saja faktor yang mempengaruhi membaiknya dunia olahraga tanah air.

Mengingat dalam Asian Games 2014 yang lalu, Indonesia hanya menduduki peringkat ke 17 dengan hanya meraih 4 medali emas.

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi olahraga Indonesia di Asian Games 2018 ini? Setidaknya ada beberapa faktor yang memiliki dampak signifikan terhadap membaiknya olahraga Indonesia.

Dukungan pemerintah dengan keluarnya Perpres No 95 tahun 2017 tentang peningkatan prestasi olahraga nasional

Tidak dipungkiri peran dan dukungan pemerintah dalam prestasi olahraga Indonesia di Asian Games 2018 yang terasa. Hal ini merupakan buah kesungguhan dari pemerintah untuk memperbaiki prestasi Indonesia.

Keseriusan pemerintah dalam peningkatan olahraga Indonesia dituangkan dalam Perpres No 95 tahun 2017 yang berisi keputusan Presiden tentang peningkatan prestasi olahraga nasional.

Perpres yang terdiri dari sembilan Bab tersebut secara terperinci mengatur bagaimana segala peraturan olahraga Indonesia untuk menghadapi Asian Games 2018.

Peraturan-peraturan yang tertuang dalam Perpres No 95 tahun 2017 ini mencakup pembinaan atlet sejak usia dini, pembangunan sarana dan prasarana olahraga, mekanisme seleksi atlet, serta pemberian penghargaan dan kelayakan hidup terhadap para atlet.

Pembinaan para atlet yang lebih baik, berdampak membaiknya kualitas atlet

Imbas dari adanya Perpes No 95 tahun 2017 ialah semakin membaiknya proses pembinaan atlet di Indonesia. Selain itu, kesiapan para atlet menghadapi Asian Games pun lebih matang mengingat hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Persiden.

Atlet-atlet yang berlaga di ajang Asian Games bisa dikatakan sebagai sosok-sosok terbaik di bidangnya dengan persiapan yang matang.

Hal ini pula yang menjadikan banyak sekali kejutan-kejutan di beberapa nomor olahraga yang sebelumnya tidak diprediksi meraih medali emas, namun bisa menyumbangkan emas untuk kontingan Indonesia.

Masuknya cabang Pencak Silat turut melejitkan peringkat Indonesia di Asian Games 2018

Salah satu faktor lainnya yang membuat prestasi Indonesia gemilang di Asian Games 2018 ialah masuknya cabang Pencak Silat di kompetisi ini. Diperlombakannya seni bela diri asli Indonesia ini nyatanya memberi banyak keuntungan bagi Indonesia.

Indonesia Panen Emas di Asian Games 2018

Pasalnya, dari 30 medali emas yang diperoleh Indonesia, 14 diantaranya berasal dari cabang Pencak Silat. Tidak hanya itu, cabang olahraga ini juga menyumbang satu perunggu yang menjadikan Indonesia kokoh sebagai juara umum di cabang Pencak Silat.

Dukungan masyarakat Indonesia yang luar bisa membuat semangat para atlet melejit

Tidak dipungkiri, status tuan rumah Asian Games 2018 juga sedikit banyak mempengaruhi keberhasilan Indonesia memperbaiki prestasi. Hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Indonesia yang sangat antusias memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang sedang berlaga.

Indonesia Panen Emas di Asian Games 2018

Dukungan dari masyarakat yang luar biasa memberikan semangat baru bagi para atlet untuk menumbangkan hadiah berupa prestasi kepada bangsa Indonesia.

Ituah beberapa faktor yang mempengaruhi membaiknya prestasi olahraga Indonesia di kancah Asia. Semoga kedepannya prestasi olahraga Indonesia semakin lebih baik dan menjadi kekuatan besar di Asia.