Musik

Tuai Pro dan Kontra, Berikut Isi RUU Permusikan yang Dianggap Membelenggu Musisi

isi ruu permusikan

Jatengpost.com – Bergulirnya Rancangan Undang-Undang (RUU Permusikan) ke publik menuai berbagai reaksi. Ada sebagian yang menyambutnya dengan positif, tidak sedikit juga yang menolaknya.

Isi RUU Permusikan dinilai bisa membelenggu kreativitas dan kebebasan berekpresi bagi musisi. Terlebih, adanya kewajiban penyelenggara pertunjukan musik harus dilakukan oleh promotor yang berlisensi. Hal tersebut tentu akan bermasalah bagi pertunjukan musik independen.

Setidaknya ada enam pasal pada isi RUU Permusikan yang dinilai bisa membelenggu kebebasan dan kreativitas musisi dalam menyalurkan seni musiknya. Yakni Pasal 5, Pasal 18, Pasal 19, Pasal 32, Pasal 42, dan Pasal 50. Keenam pasal tersebut secara eksplisit memberikan batasan ruang ekspresi bagi musisi maupun insan permusikan Indonesia.

Seperti bunyi pada Pasal 32, yang berbunyi:

Untuk diakui sebagai profesi, pelaku musik yang berasal dari jalur pendidikan atau autodidak harus mengikuti uji kompetensi

Pasal ini dinilai akan membelenggu para musisi karena diwajibkan mengikuti uji kompetensi untuk diakui sebagai musisi profesional. Padahal, banyak banyak musisi yang lahir dari jalur Indie.

Meskipun demikian, Ketua DPR, Bambang Soesatyo meminta agar masyarakat, khususnya para musisi tidak terlalu khawatir dengan RUU ini. Pasalnya, menurut Bambang, draft tersebut masih berstatus rancangan yang masih sangat memungkinkan untuk diubah, atau bahkan dibatalkan.

Bahkan, menurut Bambang, kedepannya pihaknya akan melibatkan musisi dalam menggodok lebih matang RUU Permusikan tersebut.

“Bagi kamu di DPR, kami welcome pada semuanya karena kami bikin ini kan untuk mereka, bukan yang lain. Kalau mereka menganggap ini tidak perlu ya monggo, tetapi ada sebagian yang merasa perlu. ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Rabu (6/02)

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini draft RUU Permusikan selengkapnya. Klik download untuk mengunduhnya.

[gview file=”https://jatengpost.com/wp-content/uploads/2019/02/Draf-RUU-Permusikan-15-Agustus-20181.pdf”]