Daerah

Kasus Dugaan Korupsi Bibit Bawang di Brebes Mencapai Angka 5,4 Miliar

Dugaan terjadi tindak pidana korupsi terjadi di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, kali ini dugaan kasus korupsi tersebut terjadi pada program pengadaan bibit bawang merah bagi petani di Kabupaten Brebes. Kasus dugaan korupsi ini pun kini masih dalam penyelidikan Kapolda Jawa Tengah.

Sebenarnya kasus dugaan korupsi pada program bantuan bibit bawang dari Kementrian pertanian sudah bergulir sejak awal tahun 2017 lalu. Sampai saat ini kasus ini pun masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak terkait.

Pengadaan bibit bawang merah di Kabupaten Brebes memakan yang memakan anggaran senilai Rp 5,489 miliar ini, dilaksanakan pada 2016 lalu. Saat itu pemenang lelangnya adalah CV. Jasmin dari Kabupaten Tegal. Bantuan itu diberikan pemerintah pusat secara langsung dan tidak melalui APBD.

Saat itu, bantuan diberikan kepada 33 Kelompok tani yang berada di 11 Kecamatan, masing-masing kelompok rencananya akan mendapatkan 3 kuintal bibit bawang merah. Namun bantuan yang seharusnya diberikan dalam bentuk barang, dalam pelaksanaannya di lapangan ternyata berupa uang tunai.

Kecamatan yang bermasalah dalam penyaluran bantuan ini ada di Kecamatan Brebes dan Wanasari. Selain pejabat dinas pertanian, sejumlah petani yang berasal dari dua kecamatan tersebut sudah diperiksa polisi. Kendati status kasus ini sudah ditingkatkan menjadi penyidikan, polisi belum juga mengumumkan nama tersangka (JTP)