Connect with us

Gaya hidup

5 Jenis Makanan Buka Puasa yang Dianjurkan Untuk Kesehatan Tubuh

Published

on

Jatengpost.com- Bagi sebagian tidak begitu mementingkan menu buka puasa, apa saja ia makan asal itu terlihat enak dan mengenyangkan. Padahal, makanan buka puasa memiliki peran penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa.

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan vitamin dan gizi yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan karena konsumsi tubuh mengalami penurunan. Nah buat menambal kekurangan vitamin, kamu perlu memilih menu makanan buka puasa yang menyehatkan. Apa sajakah menu buka puasa yang menyehatkan dan baik untuk tubuh?

1. Kurma

Bagi umat muslim, mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa tentu sangat danjurkan. Sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Konsumsilah makanan ringan dan manis, seperti kurma. Mengapa harus kurma? Karena kurma menyimpan banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh, seperti mengatasi anemia.

Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, maka secara tidak langsung buah ini dapat menjadi suplemen alami bagi penderita anemia. Di samping itu, kurma juga mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi Anda yang hilang selama berpuasa.

Baca Juga  10 Manfaat Buah Naga yang Mampu Mengatasi Penyakit Kronis dengan Cepat

2. Sayur-sayuran

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Terlebih saat berpuasa dimana tubuh mengeluarkan banyak tenaga namun mengalami pengurangan dalam mengkonsumsi vitamin, maka peran sayuran sangat penting dihadirkan untuk menu makanan buka puasa.

Mengkonsumis sayuran seperti aneka sop saat buka puasa mampu mengembalikan cairan dalam tubuh, sayur juga berfungsi memproduksi zat besi yang mampu mengembalikan tenaga kamu.

3. Nasi Merah atau Kentang Rebus

Bagaimana dengan sumber karbohidrat saat berpuasa? Saat berpuasa tubuh mengalami penurunan jumlah kabohidrat yang membuatmu merasa lemas dan ngantuk. Kamu bisa mendapatkan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh dari nasi merah atau kentang rebus. Pasalnya, kandungan kalori dalam nasi merah atau kentang rebus tidak sebanyak nasi putih.

Baca Juga  Di Prediksi Hanya 4% Generasi Milenial Mampu Membeli Rumah, Ini Saran Ahli Property Untuk Kamu

Oleh karena itu, kedua jenis makanan ini sering dikonsumsi oleh pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun Anda tidak sedang menurunkan berat badan, Anda tetap dapat mengkonsumsi nasi merah atau kentang rebus saat buka puasa.

4. Aneka daging

Tak ada salahnya jika sesekali kamu ingin menyantap daging saat buka puasa. Namun, pastikan kamu sudah memangkas semua lemak dan kulit pada daging tersebut sebelum diolah. Untuk menu buka puasa sehat, sebaiknya pilihlah daging sapi tanpa lemak. Kemudian, olah daging tersebut dengan cara dipanggang seperti steak.

Selain itu, mengkonsumsi daging ikan juga menjadi pilihan tepat menu makanan buka puasa. Kandungan pada daging ikan yang kaya vitamin, zat besi, dan rendah lemak, jadi aman bagi yang sedang diet.

Baca Juga  Mencengangkan, Resiko Penyakit Jantung Mengintai Kehamilan di Bawah Usia 20 Tahun

5. Buah-buahan

Makanan berserat tinggi seperti aneka buah-buahan bermanfaat bagi proses penyerapan glukosa yang lebih lambat dan tidak merangsang peningkatan insulin. Maksudnya serat berfungsi membakar energi lebih perlahan namun stabil. Hal inilah yang diperlukan tubuh saat berpuasa, dimana energi yang dihasilkan oleh buah terbukti lebih lama manfaatnya untuk tubuh.

Konsumsi buah segar 15 hingga 30 menit setelah makan besar. Apel, pir, jeruk, jambu, hanya sebagian dari contoh buah kaya serat.

Itulah 5 jenis makanan buka puasa yang wajib ada agar tubuhmu selalu sehat dan bugar meskipun tubuh mengalami penurunan konsumsi makanan. Share informasi ini jika menurutmu bermanfaat bagi yang lain yah.

Comments

comments

Advertisement

Pengunjung




MOST POPULAR