Traveling

10 Makanan Khas Jawa Tengah dan Penjelasannya

Jatengpost.com – Selain dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik wisatawan, Provinsi Jawa Tengah juga memiliki aneka makanan khas yang sangat populer. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang sampai di pasarkan di pasar internasional.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan aneka makanan khas Jawa Tengah, berikut ini beberapa diantaranya yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke Provinsi ini.

1. Telur Asin

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Brebes Jawa Tengah yang satu ini. Yah, Kabupaten Brebes selain dikenal sebagai penghasil bawang berkualitas, Kabupaten terbarat di Provinsi Jawa Tengah ini juga dikenal sebagai pusat penghasil telur asin.

Makanan Khas Jawa Tengah

Telur asin menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Brebes. Jadi, jika kamu berkunjung ke Jawa Tengah, jangan sampai kamu lewatkan makanan yang satu ini.

2. Tempe Mendoan

Makanan khas Jawa Tengah lainnya yang tidak kalah populer ialah tempe mendoan. Untuk makanan yang satu ini, berasal dari Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Tempe mendoan memang identik dengan wong ngapak. Yah, sebab kamu bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di daerah Banyumas, Purwokerto, sampai Cilacap.

Makanan Khas Jawa Tengah

Menariknya, kini tempe mendoan tidak hanya dipasarkan di warung-warung pinggir jalan. Bahkan, beberapa hotel berbintang di Purwokerto juga kini menawarkan mendoan sebagai sajian istimewa.

3. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang juga menjadi ikon dari Ibu Kota Jawa Tengah ini. Sepertinya, kamu belum afdol mengunjungi kota Semarang sebelum mencicipi jajanan yang satu ini.

Makanan Khas Jawa Tengah

Lumpia sendiri kini mempunyai variasi isi yang beragam. Ada yang pakai ayam, rebung, telur, sayuran dan udang pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa buat cobain makanan yang satu ini ya.

4. Tahu Petis

Selain Lumpia, makanan khas Semarang lainnya yang tidak kalah populer ialah tahu petis. Biasanya, makanan yang satu ini diburu para wisatawan kuliner karena memang rasanya yang khas daerah pesisir pantai utara. Lalu apa sih yang istimewa dari jajanan yang terbuat dari bahan dasar tahu ini?

Makanan Khas Jawa Tengah

Tahu petis terasa istimewa karena adanya saus hitam yang tebuat dari petis (saus hitam berasal dari udang). Nah, untuk menikmati jajanan yang satu ini, paling nikmat jika disajikan dengan cabai rawit.

5. Rondo Royal

Mendengar nama makanan yang satu ini, mungkin kamu akan merasa aneh. Terlebih jika kamu berasal dari Jawa, tentu akan bertanya-tanya akan makanan ini. Pasalnya, Rondo sendiri bermakna janda, sedangkan royal bermakna genit.

Makanan Khas Jawa Tengah

Rondo royal merupakan jajanan asal Jepara yang terbuat dari tape singkong. Pengolahannya pun cukup sederhana, yakni tape singkong dibungkus adonan tepung terigu dan diisi dengan gula jawa, kemudian di goreng. Ya secara sederhananya sih gorengan tape isi gula.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan sensasi jajanan “janda genit” ini, kamu bisa menemukannya jika berkunjung di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

6. Dawet Ireng

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya datang dari Kabupaten Purworejo. Makanan ini cukup populer karena jika kita melewati jalur Purworejo, maka akan menemukan banyak sekali penjual dawet ireng di sepanjang jalan utama Purworejo.

Makanan Khas Jawa Tengah

Nah, dawet ireng sendiri minuman sejenis cendol namun berwarna hitam. Warna hitam yang ada di dawet ini didapat dari bahan alami yaitu dari abu jerami. Abu jerami digunakan dalam pembuatan cendol dawet ireng.

7. Jenang Kudus

Buat kamu yang doyan dengan jajanan manis, sepertinya kamu harus mencoba jajanan yang satu ini. Jenang Kudus. Sekilas, jika dilihat dari bentuknya, Jenang Kudus hampir sama dengan dodol Garut. Rasanya yang manis legit, dan teksturnya yang lembut membuat jajanan ini banyak disukai wisatawan.

Makanan Khas Jawa Tengah

Bahkan, kabarnya, saat ini Jenang Kudus sudah dipasarkan di pasar internasional seperti Malaysia, Hongkong, Brunei, Singapura, dan Arab Saudi. Keren kan…

8. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan salah satu makanan paling populer di Jawa Tengah. Makanan ini sendiri berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Nasi gandul sendiri merupakan sajian nasi uduk yang disajikan dengan menggunakan daun pisang, lengkap dengan berbagai lauk khasnya yang menggoda.

Makanan Khas Jawa Tengah

Adapun dinamakan nasi gandul, sebab, dulu para penjual nasi ini keliling dengan meminggul jualannya yang disimpan dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. sehingga terlihat ngandul (menggantung).

9. Mangut Beong

Kalau makanan yang satu ini adanya di Kota Magelang, jadi sempatin deh berkunjung ke kota ini. Kota yang letaknya nggak jauh dari Jogja lho, tempat di mana Candi Borobudur berada.

Makanan Khas Jawa Tengah

Di Magelang, Jawa Tengah, kamu bisa mencicipi mangut beong, mangut yang terbuat dari ikan beong. Apa itu ikan beong? Ikan beong kalau dilihat sekilas mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan lele.

Ikan beong merupakan ikan khas yang ada di Sungai Progo, memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur.

10. Nasi Grombyang

Nasi grombyang juga merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah, tepatnya berasal dari daerah Pemalang. Penamaan makanan yang satu ini berasal dari cara penyajiannya, yaitu kuahnya lebih banyak dari pada isi, sehingga kelihatan bergoyang, atau grombyang-grombyang.

Makanan Khas Jawa Tengah

Kuliner khas ini terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dan dilengkapi juga dengan sate kerbau.

Itulah 10 makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba. Tentu masih banyak kuliner lezat lainnya di Jawa tengah yang mungkin lain waktu bisa penulis tambahkan.