Connect with us

Kabar

Melawan 800 Peneliti Muda Dunia, “Genteng” Mahasiswa Undip Berhasil Torehkan Emas

Published

on

Jatengpost.com- Hasil penemuan mahasiswa Undip yang berupa genteng dengan campuran “styrofoam” berhasil kalahkan 800 peneliti muda dari 30 Negara. Gagasan ini merupakan sebagai jawaban atas limbah styrofoam yang sulit dikelola.

“Gagasan ini terinspirasi dari kegelisahan kami melihat banyaknya limbah styrofoam yang tidak terpakai. Jadi, kami manfaatkan,” kata Yunnia Rahmadanni selaku ketua tim, Semarang (26/11)

Keseriusan untuk mengelola limbah juga dibuktikan oleh mereka dengan mendapatkan bahan dari tempat pembuangan akhir (TPA) kampus.

Baca Juga  Lakukan Skorsing, Rektor Unnes Digugat Mahasiswanya ke Pengadilan

“Ini (styrofoam) kami dapat di tempat pembuangan akhir (TPA) di kampus. Kami beberapa kali uji coba, campur dengan semn dan pasir. Ya, memang tidak mudah,” kata Yunnia mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika Undip itu.

Indonesia sendiri menyertakan 2 wakil yang salah satunya adalah Undip. Even ini digelar oleh lembaga internasional AFAC

Dibalik kesuksesan menciptakan genteng yang lebih ringan 15-20% dari genteng biasa itu, mereka melewati beberapa kali uji coba yang tidak enteng. Namun menurutnya genteng ini dapat meminimalisir dampak cidera akibat bencana alam.

Baca Juga  Apa itu SNMPTN? Selengkapnya Kupasan Teruntuk Kamu yang Ingin Memaksimalkan Peluang

Hal serupa diungkapkan pula oleh dosen pembibing delegasi Undip M Nur Sholeh, ia mengaku bangga dengan hasil inovasi anak bimbingnya mampu meraih medali emas. Serta mampu mengalahkan delegasi-delegasi dari negara-negara lainya.

“Penambahan ‘styrofoam’ ini dilakukan dengan komposisi tertentu agar dihasilkan genting yang relatif ringan dan memiliki kelentingan optimal sebagaimana yang diinginkan,” katanya.

Namun dari hasil temuan tersebut, mereka mengaku akan terus menyempurnakan dengan menciptakan genteng yang lebih ringan dengan bantuan limbah.

Baca Juga  Badan Akreditasi Jateng; Banyak Pengajar yang Tidak Kompeten di Jawa Tengah

Nama tim yang bertarung dalam kejuaran International Trade Fair of Ideas, Inventions and New Products (The iENA), di Nurenberg, Jerman itu ialah Laitufa Nidia, Nurul Halwiyah, Ibadurrahman, dan Rufqi Rudwi Rafita, Yunnia.

Comments

comments

Advertisement

Pengunjung




MOST POPULAR