trend

Menurut Ilmuan, Soal Menjilat, Kodok Merupakan Hewan Paling Berprestasi

Soal Menjilat Kodok Merupakan Hewan Paling Berprestasi

Jatengpost.com – Tuhan menciptakan mahluk di muka bumi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu, setiap ciptaan Tuhan memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh mahluk lainnya.

Salah satu kelebihan yang dianugerahkan Tuhan ialah soal kelihaian menjilat yang dimiliki oleh katak atau kodok.

Menurut para ilmuan, katak atau kodok merupakan hewan paling berprestasi dibidang menjilat dibandingkan dengan hewan lainnya, seperti cicak. Ada beberapa alasan ilmiah kenapa keahlian katak dalam menjilat di atas rata-rata. Nah berikut ini fakta tentang jilatan katak sebagaimana dilansir dari Businessinsider.com.

Bayangkan jika Anda bisa menjulurkan lidah dan menjilat pusar Anda. Ternyata, hal itu akan menjadi prestasi yang mudah bagi katak, jika mereka benar-benar memiliki pusar.

Lidah katak sepertiga dari panjang tubuhnya, dan itu baru permulaan dari bagian tubuh yang ajaib ini. Lidah panjang itu ditutupi dengan ribuan kelenjar lendir, yang mengeluarkan beberapa ludah paling lengket di Bumi.

Faktanya, ketika para peneliti mempelajari air liur katak bertanduk pada tahun 2014, mereka menemukan bahwa katak ini dapat mengangkat 1,4 kali berat badan mereka sendiri dengan lidah lengket mereka. Itu seperti manusia mengangkat kulkas dengan lidahnya.

Karena hal ini, katak tidak perlu berpergian atau selalu bergerak untuk mencari mangsanya. Ia hanya berdiam diri mengintai mangsanya dan langsung menangkapnya di udara jika momennya sudah tepat.

Anda tahu, meskipun katak tidak bisa terbang, ia justru banyak yang memburu beberapa hewan bersayap dan lincah, seperti lalat, ngengat, dan capung. Mereka bahkan tidak harus mengejar makanan. Mereka hanya duduk dan menunggu.

Ini bahkan lebih mengesankan ketika Anda mempertimbangkan bahwa lalat mengalami waktu lebih lambat daripada hewan lain. Setiap detik terasa seperti empat detik untuk terbang, sehingga mereka memiliki semua waktu di dunia untuk melarikan diri dari pemangsa. Pikirkan tentang terakhir kali Anda mencoba menukar lalat. Tidak begitu mudah, bukan?

Nah, katak punya trik di lengan baju mereka: lidah yang sangat cepat. Lidah mereka terbuat dari dua kelompok otot yang kuat: ekstender dan retraktor. Extender menembakkan lidah ke arah mangsanya dengan kecepatan 4.000 meter per detik, enam kali lebih cepat dari pesawat jet tempur.

Pada saat yang sama, katak mengibaskan rahangnya terbuka, yang menjulurkan lidahnya dengan cepat, seperti peluru yang melaju kencang, dan meledak! Sebelum Anda bisa berkedip, semua sudah berakhir.

Para peneliti menemukan bahwa katak dapat menangkap mangsanya dalam waktu kurang dari 0,07 detik, lima kali lebih cepat daripada yang Anda bisa berkedip. Tetapi kecepatan bukanlah satu-satunya senjata katak.

Lidah katak 10 kali lebih lembut dari lidah kita, dan teksturnya sangat lentur seperti otak manusia. Kelembutan inilah yang membuatnya sangat fleksibel, sehingga bisa menangkap lalat dengan air liur yang sangat lengket, menjebaknya di tempat seperti lem. Lalat ini tidak ke mana-mana. Yang tersisa untuk dilakukan adalah memasukkannya.

Otot retraktor katak menyentak lidah, yang meluncur mundur seperti tali bungee. Dalam lima belas satu per seratus detik, ia menghilang kembali ke mulut.