Lain-lain

10 Oleh-oleh Khas Semarang Murah Meriah yang Cocok Buat Buah Tangan

Jatengpost.com- Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang dikenal sebagai kota budaya, pariwisata, dan pusat makanan daerah yang sangat lezat. Dari beberapa jajanan khas Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini, ada beberapa yang cocok untuk dijadikan buah tangan.

Lalu oleh-oleh khas Semarang apa saja sih yang cocok untuk dijadikan buah tangan? Agar tidak bingung berikut 10 referensinya.

1. Lumpia

Siapa sih yang nggak kenal dengan jajajan yang satu ini? Lumpia memang dikenal sebagai makanan khas Semarang yang sudah sangat terkenal. Meskipun konon lumpia saat ini bisa ditemukan di tempat lainnya, namun lumpia Semarang memiliki cita rasa yang sangat khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Mengingat lumpia hampir sudah menjadi ikon Kota Semarang, rasanya kurang afdhol jika kamu mengunjungi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini tanpa mencicipinya. Jajanan ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang sebab selain sudah menjadi ikon, lumpia ini juga sangat mudah ditemukan dan harganya terbilang terjangkau.

2. Tahu bakso

Jangan ngaku pernah berkunjung ke Semarang kalau kamu belum pernah mencicipi tahu bakso Semarang. Tahu bakso juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang mengingat jajanan yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan lumpia.

 

Ada dua jenis tahu bakso yang banyak diminati oleh wisatawan, yakni tahu bakso goreng dan rebus. Jika kamu berniat untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh, ada baiknya kamu memilih yang goreng saja. Sebab, tahu bakso goreng bisa lebih awet jika dibawa perjalanan yang cukup lama. Tahu bakso sangat mudah ditemukan di Semarang, namun salah satu yang paling populer ialah tahu bakso Bu Pudji di Ungaran.

3. Wingko Babat

Jika kamu pernah berkunjung ke Semarang, atau lewat menggunakan transportasi umum dan singgah di Semarang, tentu pernah melihat penjual yang menawarkan jajanan yang satu ini, wingko babat. Wingko babat memang menjadi salah satu jajanan yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Terdapat berbabagi variasi rasa wingko babat yang ditawarkan para penjual, mulai dari rasa nanas, cokelat, dan original. Wingko babat memiliki rasa yang legit ini sangat cocok jika dikonsumsi bersamaan dengan teh atau kopi, sebagai teman ngobrol bareng keluarga atau teman.

4. Bandeng Semarang

Berada di Pantai Utara, membuat Semarang memiliki banyak makanan khas tambak dan laut yang cukup populer, salah satunya ialah bandeng Semarang. Olahan bandeng yang sangat terkenal dari kota Semarang ialah Bandeng Presto. Dimana makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh mengingat rasanya yang sangat khas dan susah ditemukan di tempat lain.

Selain bandeng presto, ada juga olahan lainnya yang tidak kalah menggoda, seperti sate bandeng, bandeng tauco, dan gudeg bandeng.

5. Mochi Semarang/ moaci gemini

Memang kue moci tidak hanya ditemukan di Semarang, di Jawa Barat seperti Bandung dan Sumedang juga banyak ditemukan kue ini yang cocok untuk buah tangan. Namun, kue mochi Semarang memiliki cita rasa yang berbeda dengan tempat lainnya.

jika mochi Jawa Barat pada umumnya berwarna putih, di Semarang mochi ini terbuat dari tepung ketan yang didalamnya berisi kacang cincang dan gula serta dibaluti wijen. Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini mirip dengan onde-onde, salah satu cemilan yang ada di Jawa Barat dan sekitarnya.

6. Batik Semarang

Jika kamu menginginkan oleh-oleh khas Semarang yang jauh lebih aman dan awet jika menempuh perjalanan jauh, maka batik sangat cocok menjadi pilihannya. Batik Semarang memang berbeda dengan batik-batik di daerah lainnya. Selain memiliki corak yang khas, batik semarang juga memiliki karakteristik kedaerahan tersendiri yang membedakannya dengan batik Yogyakarta, Solo, ataupun pekalongan.

7. Kaos Costa Brava Van Java

Jika kita mengenal Joger sebagai merk kaos terkenal asal Bali, dan Dagadu yang terkenal dari Jogja, maka Semarang juga memiliki brand kaos yang tidak kalah populer, yakni kaos costa brava van java. Kaos buatan anak bangsa ini dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, desain yang ditawarkan pun sangat khas Semarang.

Itulah 7 oleh-oleh khas Semarang yang bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung ke Semara