Pemudik yang Masuk Jateng Sudah Capai 2000 Orang, Ganjar Siap Lakukan Hal Ini

  • Whatsapp
Seluruh Exit Tol di Jawa Tengah Bakal Ditutup Mulai 16-22 Juli

Jatengpost.comSebelum memasuki masa larangan mudik yang berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021, beberapa warga Jawa Tengah diketahui mudik lebih awal agar lolos dari penyekatan.

Setidaknya, sudah lebih dari 2000 pemudik berhasil masuk ke wilayah Jawa Tengah. Menghadapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun akan melakukan beberapa langkah.

Bacaan Lainnya

Ganjar mengatakan, rata-rata ada 2.000 pemudik yang mulai mencuri start memasuki wilayahnya.

“Ternyata rata-rata 2.000-an orang, pelan-pelan meningkat dan ini menunjukkan cerita-cerita agar kita bisa melakukan kesiapsiagaan,” kata dia dalam Rakor Linsek Operasi Ketupat Candi 2021 di Mapolda Jateng, Kamis (29/4).

Menurut Ganjar, sebelumnya tercatat 2.113 orang pemudik telah masuk ke Jawa Tengah. Jumlah itu meningkat menjadi 2.424 orang dan angkanya masih naik lagi.

“Perkembangan harian jumlah pemudik yang sudah masuk ke Jateng tiap hari meningkat. Pemudik yang sudah masuk terakhir tercatat 2.574 orang,” katanya.

Maksimalkan posko penyekatan

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Ganjar akan memaksimalkan posko -posko penyekatan di sejumlah titik.

“Antisipasi pemudik sudah dilakukan, posko penyekatan sudah, PPKM sudah, optimalisasi 3M,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan meningkatkan upaya tracing untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Dia juga meminta Dinkes menyalurkan bantuan satu juta alat tes swab antigen.

“Ini saya sepakat tracingnya kita tingkatkan nanti maka tolong disiapkan nanti dari Dinkes bantuan kepada Babinsa Babinkamtibmas yang aa di sana minimal swab antigen setidaknya siapkan 1 juta,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memastikan akan mengerahkan personel yang tergabung dalam Satgas Ammanusa. Satgas ini bertugas selama 28 hari dalam melakukan Operasi Ketupat Candi 2021.

Nantinya, personel polisi akan melakukan penjagaan selama masa mudik lebaran di posko-posko titik penyekatan yang tersebar di beberapa lokasi.

“Kita mempunyai kegiatan operasi Ammanusa, di mana kegiatan Ammanusa ini dilakukan untuk pencegahan Covid-19,” tuturnya.

Pos terkait