Opini

Cerdas Dalam Memahami Informasi, Simak Pendapat Cerdas Ala Najwa Shihab

Belakangan Najwa Shihab menjadi buah bibir banyak kalangan karena kiprahnya dalam dunia jurnalistik. Lantang melawan koruptor, melawan rumor dengan terus menyajikan berita (informasi) penting, melibatkan diri untuk kemajuan negeri dan memberikan edukasi bagi yang haus informasi.

Tugas Jurnalis adalah mengemas berita (informasi) penting dengan menarik, Najwa Sihab

Najwa berpendapat bahwa kayanya berita di negeri ini tidak menjadikan kita untuk lalai dengan berita penting yang tertumpuk oleh isu atau rumor yang terus berkembang. “Daripada kita menginformasikan kasus perceraian yang notabene urusan privasi, lebih baik kita menginformasikan pak Novel, gimana kondisi matanya sekarang, hukum, money politic, mahar politik,” Ujarnya dalam konfrensi pers Mata Najwa

Baca juga : Mendapat Pengakuan Dunia, Berikut 5 Pemuda Inspiratif Asli Jawa Tengah

Jika diambil kesimpulan di atas, keterlibatan kita dalam isu atau rumor yang tidak perlu sama dengan kemunduran kita dalam memahami informasi untuk menentukan sikap kedepan. Dibuktikan dengan banyaknya kasus ujaran kebencian, permusuhan antar golongan, maupun saling menyerangnya pihak satu kepada yang lain.

Tahun-tahun politik adalah waktu siapapun butuh informasi yang mempengaruhi dirinya mengambil keputusan

Kehausan informasi ini harus di manfaatkan oleh media informasi menajamkan fakta, bukan mengaburkanya untuk memihak golongan tertentu, peran media di tahun politik ini adalah mengajarkan masyarakat untuk memilah dan mempertimbangkan sesuatu berdasarkan fakta-fakta yang ada.