Politik & Hukum

Tertangkap di Sragen, Penyebar Hoax 7 Kontainer Relawan Prabowo-Sandi

Jatengpost.com- Akhir pembuat berita hoax 7 kontainer membawa surat suara yang telah tercoblos dibekuk di Sragen, Jawa Tengah. Bagus Bawana Putra terkangkap setelah sempat melarikan diri dari Jakarta, dengan membuang ponsel dan sim card, kini ia berstatus tersangka.

“Tersangka yang tinggal di Bekasi kami temukan 7 Januari di Sragen, Jateng. Kemudian kita bawa ke Jakarta dan kita lakukan pemeriksaan dan melalui scientific investigation dan dibenarkan suara yang beredar otentik suara BBP,” kata Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (9/1/2019)

Diketahui Bagus merupakan Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo Sunianto. Namun, komunitas relawan itu tidak terdaftar di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. BPN juga menyatakan tak mengenal Bagus.

Bagus terjerat pasal 14 ayat 1 Undang-undang 1946, tentang pidana. Hukuman maksimal dari pasal tersebut ialah 3 tahun bui.

“Pasal yang dikenakan yaitu Pasal 14 ayat 1 Undang-undang 1/1946, menyiarkan pemberitaan bohong, baik melalui konten twitter, medsos, dan voice di grup WA,” kata Kasubdit I Ditsiber Kombes Dani Kustoni dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (9/1/2019).

Saat ini selain Bagus, Polisi telah menangkap tiga orang yang berperan sebagai penyebar berita. Mendapat informasi melalui soisal media dan disebarkan ke publik. Polri mengaku masih menyelidiki aktor intelektual dibalik pembuatan isu ini.

“Para pihak yang terlibat secara aktif dalam penyebaran berita hoax tersebut akan dikejar. kami masih periksa siapa aktor intelektualnya. Kami masih selidiki,” ujar Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.