Lowongan Kerja

Persyaratan Pendaftaran PPPK (P3K) Menurut PP Nomor 49 Tahun 2018

Download Contoh Soal PPPK (P3K)

Jatengpost.com – Pemerintah kembali akan membuka kesempatan bagi putra terbaik bangsa untuk menjadi bagian dari pegawai di bawah instansi lembaga negara. Setelah membuka CPNS 2018, pemerintah kini akan membuka rekruitmen pegawai baru melalui program penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Adapun untuk jadwal pendaftaran PPPK (P3K), pemerintah masih mengaji lebih jauh. Meskipun beberapa laporan menyatakan jika penerimaan P3K akan dibuka pada Februari tahun ini.

persyaratan pendaftaran pppk

Setidaknya, pemerintah mempersiapkan 75 ribu formasi yang siap diisi oleh pegawai baru. Jadi, ini merupakan kesempatan buat kamu yang ingin menjadi pegawai pemerintahan serupa ASN atau pegawai negeri.

Buat kamu yang ingin mendaftar program P3K, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mendaftarkan diri menjadi pegawai di instansi pemerintah.

Sesuai PP Nomor 49 Tahun 2018, setidaknya ada 8 persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon pelamar P3K. Berikut penjelasannya.

1. Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun, dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar dengan ketentuan peraturan Undang-undang

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana 2 (dua) tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Republik Indonesia, atau diperhentikan dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik, atau terlibat politik praktis

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan

6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai jabatan yang di lamar, dan

8. Persyaratan lain sesuai dengan jabatan yang ditentukan oleh PPPK.

Setiap pelamar, nantinya akan melalui beberapa tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan umum, sampai seleksi kemampuan bidang.

Pada dasarnya, proses perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), secara teknis tidak jauh berbeda dengan tahapan seleksi CPNS.

Selain itu, jika merujuk pada PP Nomor 49 Tahun 2018, maka ada dua jabatan yang bisa dilamar oleh calon pegawai. Yakni,  Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu.

Untuk lebih lanjut mengenai persyaratan dan peraturan penerimaan P3K, kamu bisa mendownload PP Nomor 49 Tahun 2018 di bawah ini.

Klik Disini Untuk Download PP Nomor 49 Tahun 2019 Tentang PPPK

Untuk mengikuti informasi lainnya seputar penerimaan P3K, silahkan like fanspage facebook kami. Klik disini.

https://www.youtube.com/watch?v=XBH5plPdvRg