Politik & Hukum

Ribuan Pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin ikuti Apel Siaga di Banyumas

Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Jatengpost.com – Ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengikuti Apel Siaga Relawan Banyumas Bersatu, Minggu (17/03)

Kegiatan yang digelar di Gedung Sasana Krida, kompleks Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diisi dengan orasi, hiburan dangdut, deklarasi dukungan kepada pasangan Jokowi/Amin, dan diakhiri dengan doa bersama.

Salah seorang orator, Jarot C. Setyoko, menceritakan pengalamannya saat bertanya kepada beberapa orang terkait dengan alasan mereka memilih Jokowi pada Pemilu Serentak 2019.

Menurut dia, ada salah satu warga yang menilai Jokowi mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang tidak terselesaikan oleh presiden-presiden sebelumnya.

“Ada teman saya yang namanya Minto, seorang mandor dari Kecamatan Purwokerto Barat, (saya tanya) kenapa anda mendukung Jokowi? Karena tidak ada presiden, tidak ada pemimpin hari ini atau bahkan di masa lalu yang sejujur Jokowi, yang sesederhana Jokowi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, massa juga mendeklarasikan dukungan dan kesiapan mereka untuk memenangkan pasangan Jokowi/Amin pada Pemilu Serentak 2019 yang akan digelar pada tanggal 17 April.

Saat ditemui wartawan, Ketua Panitia Apel Siaga Relawan Banyumas Bersatu Bangkit Ari Sasongko mengatakan kegiatan tersebut diikuti sekitar 11 ribu orang dari berbagai komponen relawan pendukung pasangan Jokowi/Amin termasuk kelompok petani, santri, dan kalangan perempuan.

“Target acara ini, pertama adalah memberikan semangat kepada semua orang bahwa demokrasi harus gembira, jadi enggak usah terpecah belah. Demokrasi ini harus dilakukan dengan cara yang menggembirakan. Kami ingin forum ini adalah forum yang membuat orang jadi gembira,” katanya.

Sementara yang kedua, kata dia, menyatukan seluruh kepentingan menjadi kepentingan pemenangan Jokowi/Amin.

Dia menargetkan relawan bisa menyumbangkan kemenangan pasangan Jokowi/Amin di Banyumas hingga 80 persen.

“Setelah kegiatan ini, masing-masing basis relawan akan bergerak dari rumah ke rumah. Target mereka memberikan kepercayaan diri kepada orang-orang yang ada di desa bahwa kita tidak sendirian,” katanya.

Selain itu, dia mengajak semua komponen masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda pilihan.