trend

Sedang Viral di Media Sosial, Inilah Arti Kata Tuman dan Maknanya dalam Bahasa Jawa

meme tuman

Jatengpost.com – Beberapa hari belakangan, kata Tuman mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan, viral meme akan kata tuman disertai dengan gambar animasi yang sedang menampar. Lalu apa sih arti kata tuman yang sebenarnya?

Mungkin kamu kira kata tuman merupakan bahasa daerah yang tidak masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun ternyata, kata Tuman sudah ada di KBBI sejak dari dulu.

Yah, meskipun kata Tuman sendiri bukan bahasa asli bahasa Indonesia (melayu), melainkan bahasa serapan dari bahasa jawa. Tuman, banyak digunakan oleh masyarakat Jawa, khususnya mereka yang tinggal di pesisir pantai utara (Pantura).

Arti kata Tuman sendiri, jika kita merujuk pada KBBI, maka dimaknai sebagai; menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya), sesudah merasai senanganya, enaknya, dan sebagainya. Tuman juga bisa dimaknai menjadi kebiasaan, atau kecanduan.

Contoh penggunaan kata Tuman dalam kehidupan sehari-hari: “Agar tidak Tuman berbuat begitu, hajarlah dia kalau memang perilakunya tidak sopan.”

Dalam masyarakat Jawa, kata tuman ditujukkan untuk memutus kebiasaan buruk atau memutus kebiasaan yang bersifat negatif.

Kumpulan meme Tuman lucu yang sedang viral di media sosial

Katanya tak kenal maka tak sayang, sekarang sudah sayang malah ditinggal. TUMAN!!!

meme tuman

Disuruh sholat malah pura-pura tidur. TUMAN!!!

meme tuman

Bilangnya sudah OTW, tapi nyatanya baru mau mandi. TUMAN!!!

meme tuman

Ditolak cewek alesan kamu terlalu baik. TUMAN!!!

meme tuman

Nih, buat yang suka pamer pasangan di sosmed. TUMAN!!!

meme tuman

Itulah arti kata tuman dan maknanya dalam bahasa Jawa yang kini sedang viral di media sosial. Kini sudah tahu kan makna kata Tuman, jadi kamu tidak perlu bingung lagi saat menemukan meme atau kata-kata yang menggunakan istilah Tuman.