Siap-Siap! Sepekan Sebelum Mudik Dilarang, di Perbatasan Jateng Akan Ada Tes Swab

  • Whatsapp
Perbatasan Jateng Akan Ada Tes Swab

Jatengpost.comGuna menjalankan peraturan pemerintah mengenai larangan mudik 2021, Polda Jawa Tengah meningkatkan pengawasan di 14 titik pintu masuk wilayah Jawa Tengah.

Pengawasan sendiri mulai akan ditingkatkan sepekan sebelum larangan mudik diberlakukan, yakni pada 1 hingga 17 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

Pos pengamanan akan dijaga ketat di 14 titik oleh tim gabungan TNI/Polri mulai dari wilayah Brebes sampai ke perbatasan Jawa Timur, lalu Cilacap hingga Blora.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan masyarakat yang hendak masuk ke perbatasan masuk Jawa Tengah akan dites swab antigen.

Hal ini dilakukan sebagai langkah prioritas untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19.

“Bagi masyarakat yang akan masuk ke wilayah Jawa Tengah yang diindikasikan bukan dari Jateng kita akan melakukan tes swab antigen. Kalau nanti hasilnya reaktif mereka harus kembali. Kalau non reaktif boleh masuk. Ini H-7 atau sebelum pelaksanaan operasi ketupat,” kata Kapolda usai rapat dengan Gubernur Jateng, Senin (19/4/2021).

Operasi Ketupat Candi 2021 akan berlangsung pada H-7 hingga H+7 Lebaran atau bersamaan dengan larangan mudik 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

“Jadi sekarang kita sudah berlakukan itu. Dengan harapan untuk menekan angka Covid-19 di Jateng agar menurun. Sudah kita pasang anggota di setiap pintu masuk untuk melaksanakan kegiatan skala prioritas masyarakat yang akan masuk ke wilayah Jateng,” ujarnya.

Kapolda mengatakan pengawasan ketat juga dilakukan bagi masyarakat yang nekat menembus masuk ke Jateng melalui jalur tikus.

“14 titik itu juga termasuk jalur tikus karena bukan yang di tol. Contohnya Sragen, Klaten, Wonosobo, Rembang, Blora. Itu semuanya non-tol. Untuk menghalau masyarakat agar tidak berduyun-duyun masuk Jateng,” ungkapnya.

Pos terkait