Peristiwa

TNI AU Pastikan Suara Misterius di Langit Pantura Bukan dari Pesawat Antonov

suara misterius di langit pantura

TNI AU Pastikan Suara Misterius di Langit Pantura Bukan dari Pesawat Antonov

Jatengpost.com – Suara aneh yang di dengar mastarakat Pantura pada Jumat  (14/12) dini hari, mengundang banyak Spekulasi. Tidak sedikit yang menduga sumber suara tersebut berasal dari pesawat kargo, bahkan disebut-sebut pesawat Antonov.

Namun TNI AU yakin suara misterius yang meraung-raung dan didengar warga Pekalongan sampai Brebes tersebut bukan pesawat Antonov An-12BP. TNI AU menyebut pesawat tersebut selalu termonitor berada di ketinggian 22 ribu kaki.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft,” tulis akun Twitter TNI AU, @_TNIAU menanggapi fenomena tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan TNI AU untuk menjawab pertanyaan pengguna Twitter lain yang menampilkan screenshot Flight Radar 24. Screenshot tersebut menampilkan rute pesawat Antonov An-12BP.

Menurut TNI AU, ukuran pesawat Antonov An-12BP hampir sama dengan pesawat Hercules C-130.

Namun pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22 ribu kaki.

Pengamat penerbangan Alvin Lie angkat bicara mengenai heboh suara pesawat di Pekalongan.

Alvin menyebut tidak ada yang luar biasa pada kejadian tersebut.

Pesawat itu lewat dinihari sehingga terdengar keras.

“Tadi saya cek di Flight Radar 24 memang ada pesawat berjenis kargo lewat di sana (Pekalongan) sekitar pukul 02.30 di ketinggian 23 ribu kaki. Tidak ada yang luar biasa,” ujarnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (14/12/2018).

Menurut Alvin, pesawat kargo yang lewat tersebut berbadan besar. Namun dia tidak yakin pesawat itu apakah buatan Cina atau Rusia.

“Pesawat itu tidak terbang rendah. Pesawat itu terbang di 23 ribu kaki, tidak rendah lho,” jelas pengamat penerbangan yang juga ketua Ombudsman Republik Indonesia ini.

Hasil pengamatannya, pesawat tersebut akan menuju Melbourne Australia. Pesawat itu berangkat dari Jakarta.

“Bisa saja dia berhenti di Jakarta untuk mengisi bahan bakar,” tandasnya.

Ia pastikan pesawat tersebut bukan pesawat penyusup. TNI AU pastinya akan mengawal ketat jika kedapatan pesawat asing masuk ke Indonesia.

” Pesawat penyusup bisa dikawal TNI. Apalagi masuk Pulau Jawa. Di perbatasan saja sudah langsung dikawal,” tukasnya.

Sebelumnya BMKG Jawa Tengah juga memastikan jika suara misterius tersebut bukan berasal dari fenomena alam. Bahkan, BMKG menduga jika asal suara tersebut berasal dari baling-baling pesawat.

Dengan bantahan dari TNI AU jika suara tersebut bukan dari pesawat kargo. Sampai saat ini asal muasal suara tersebut masih misterius.