Politik & Hukum

5 Fakta Temuan Surat Suara Tercoblos Capres 01 di Malaysia

Surat Suara Tercoblos

Jatengpost.com – Kurang dari sepuluh hari masa pemilihan Presiden dan wakil presiden, masyarakat digegerkan dengan temuan surat suara yang sudah tercoblos di Selangor, Malaysia.

Seakan menyalakan api dalam sekam, informasi temuan surat suara yang sudah tercoblos pun dengan cepat merambah di masyarakat. Berikut lima fakta temuan surat suara yang sudah tercoblos di Malaysia.

1. Bawaslu mengatakan informasi tersebut bukan hoax, namun tidak menjamin surat suara itu asli

Sebagai lembaga yang memiliki tanggung jawab kelancaran pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun sigap menanggapi pemberitaan atas temuan itu.

Namun, meskipun pihaknya mengaku jika informasi itu (temuan surat suara yang sudah tercoblos) bukan hoax, Bawaslu perlu memastikan apakah kertas surat suara itu asli atau palsu.

“Dari perbincangan yang ada ini (surat suara tercoblos) bukan hoax, tapi kan harus diteliti surat suaranya asli atau tidak. Apakah memang surat suara dari KPU atau bukan, kemudian di mana kejadiannya. Kan ada beberapa video, ada yang lagi nyoblos, itu dari pengawas yang sama atau tidak atau yang berbeda,” kata anggota Bawaslu, Rahmat Bagja

2. Surat suara tercoblos untuk paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Dari video yang tersebar di media sosial, dinyatakan jika surat suara yang sudah tercoblos untuk Capres 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Menanggapi hal ini, TKN Malaysia mengutus tim mengenai kabar pencoblosan surat suara. Mereka menyayangkan oknum yang mencoblos lari.

“Memang benar kami mendapat laporan terkait kejadian tersebut dan tim kita mengecek di lapangan memang benar adanya kertas suara di tempat tersebut. Hanya sangat disayangkan pada saat penggerebekan, oknum yang melakukan lari dan tidak tertangkap,” ucap Sekretaris TKN Malaysia Dato M Zainul Arifin.

Namun meskipun demikian, TKN Malaysia tidak menelan mentah-mentah terkait temuan kertas suara sudah tercoblos mayoritas 01 tersebut. TKN menunggu informasi lebih rinci soal temuan itu.

3. Selain Capres 01, ditemukan juga surat suara tercoblos untuk Caleg dari Partai NasDem

Selain surat suara yang sudah tercoblos untuk Paslon 01, ditemukan juga surat suara yang sudah tercoblos untuk Caleg dari Partai NasDem, Davin Kirana.

Menariknya, Davin Kirana sendiri merupakan putra dari Rusdi Kirana, yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesi untuk Malaysia.

4. Penemu Surat Suara Tercoblos di Malaysia: Kami Ingin Prabowo Pimpin RI!

Berita penemuan surat suara yang sudah tercoblos bermula dari sebuah video yang viral di media sosial, Kamis (11/04).

Video yang berdurasi 3 menit 22 detik tersebut menampilkan gambar mobil polisi, atau polis dalam bahasa Malaysia, beranjak dari tempat penemuan surat suara tercoblos. Seorang pria yang merekam video tersebut lantas mengatakan mereka telah membuat laporan polisi. Video ini dibagikan oleh salah seorang jubir BPN Prabowo-Sandi.

“Kita sudah buat laporan polis, polis sudah datang, polis sudah datang, kita sudah buat laporan polis, biar jelas ini…,” kata si pria

Si perekam video lantas menyorot seorang pria bertopi, yang muncul di sejumlah video penggerebekan gudang surat suara tercoblos. Pria bertopi itu menyatakan temuan tersebut merupakan hasil kerja keras agar Indonesia berubah.

“Biar jelas, tidak hoax, inilah bukti nyata kerja kita yang maukan perubahan Indonesia. Kita mau Prabowo-Sandi memimpin Indonesia dan semua kecurangan tipu muslihat ini dihentikan,” kata si pria.

5. Bawaslu minta pemungutan suara di Malaysia diberhentikan sementara

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan usai beredar video di media sosial penemuan surat suara tercoblos untuk paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengonfirmasi kebenaran video itu. Ia menyebut surat suara itu ditemukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia untuk sementara,” kata Fritz